Talkshow di Radio tentang Penaganan kasus dikomunitas oleh Paralegal

13 Januari 2015

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan penanganan kasus kekerasan berbasis gender, yaitu kekerasan terhadap perempuan dikomunitas oleh Paralegal dengan menggunakan pendekatan Bantuan Hukum Gender struktjural. Kegiatan ini terselenggara pada 14 dan 17 januari 2011, disiarkan di Radio Bens 106 FM.  Narasumber dalam talkshow adalah parlegal yaitu Ibu Enny Rochayati dan Ibu Yuni dan di dampingi oleh staf LBH APIK Jakarta yang menjelaskan konsep Posko Pengaduan VAW dikomunitas oleh Paralegal.

 

Paralegal dengan lugas menjelaskan peran mereka dalam pemberian bantuan hukum Cuma-Cuma kepada perempuan korban dikomunitas. Paralegal juga mensosilaisasikan kebaradaan posko dan meminta dukungan dari berbagai pihak baik laki-laki maupun perempuan, untuk bersama-sama menghapuskan kekerasan terhadap peremepuan dengan tidak menjadi pelaku maupun korban kekerasan.

 

Tanggapan dari pendengar beragam dan banyak dari pendengar baik yang menelpon, sms maupun menulis didinding Facebook mendukung kegiatan yang dilakukan oleh paralegal maupun LBH APIK Jakarta. Tanggapan negatif yang muncul misalnya bahwa persoalan rumah tangga sangat tabu jika harus di sampaikan pada orang lain. Dari kegiatan ini muncul permintaan bahwa LBH APIK Jakarta untuk secara berlanjut melakukan sosialisasi-sosialisasi di radio, bila memungkinkan punya program konsultasi sendiri.



Profil LBH APIK Jakarta

LBH APIK Jakarta adalah lembaga yang bertujuan mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan demokratis, serta menciptakan kondisi yang setara antara perempuan dan laki-laki dalam segala aspek...

lihat selengkapnya...

Alamat

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum APIK Jakarta 
Jl. Raya Tengah No.31 RT. 01/09, Kec. Kramat Jati,
Jakarta Timur 13540
Telepon: 021-87797289
Fax: 021-87793300 
Hotline : 081285552430
E-mail lbh.apik@gmail.com