Pembentukan Komunitas Paralegal Cilincing

30 Juni 2016

Kegiatan dimulai dengan dilakukannnya pengenalan mengenai apa itu LBH APIK, siapa pendirinya dan kapan didirikannya. Lalu diberitahukan tujuan dari datangnya beberapa perwakilan dari LBH APIK ini mendatangi salah satu di daerah Cilincing tersebut, yang mana salah satunya adalah karena Cilincing merupakan daerah yang padat dan rentan terhadap adanya Kekerasan Seksual maupun Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan banyak dari mereka yang tidak mengetahui peraturan – peraturan yang ada, yang justru berfungsi untuk melindungi mereka.

Hal ini terbukti ketika warga sekitar tersebut ditanya, mereka tidak tahu akan adanya Undang – Undang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan juga Undang – Undang Perlindungan Anak. Oleh karena itu LBH APIK berupaya untuk membentuk komunitas guna penjangkauan dan pemberian bantuan hukum ke masyarakat sekitar.

Kemudian, diberikan sedikit penjelasan mengenai Undang – Undang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, dimana terdapat empat macam kekerasan dalam rumah tangga, pertama adalah kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual, dan penelantaran rumah tangga. Dan dijelaskan pula, bahwa apabila kita melihat ada tetangga yang mengalami salah satu hal yang disebut diatas, sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai tetangga untuk ikut untuk melaporkan hal tersebut yang mana terlebih dahulu dilaporkan ke RT atau RW sekitar, karena kekerasan dalam rumah tangga sekarang sudah menjadi tanggung jawab dari warga negara (masyarakat).

Tidak hanya itu, apabila melihat anak tetangga yang dipukuli pun, sebagai tetangga yang baik dan peduli seharusnya kita ikut bertindak dengan cara melaporkannya agar hal tersebut tidak terus berulang.

Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya Komunitas Cilincing, daerah Cilincing akan dapat lebih terjangkau dan mengetahui apa saja hak – haknya yang dilindungi oleh negara serta mengetahui apa saja kewajiban – kewajiban yang harus dilakukannya, sehingga dapat meminimalisirkan terjadinya Kekerasan Seksual dan KDRT, dan kalaupun memang jika Kekerasan Seksual dan atau KDRT sudah terjadi, masyarakat di daerah Cilincing ini dapat menerima bantuan hukum (secara cuma – cuma). Sehingga, nanitnya Komunitas Cilincing dapat berjalan dengan baik dan berguna bagi masyarakat sekitarnya sebagaimana di Komunitas Kalibaru, Tanjung Priok.



Profil LBH APIK Jakarta

LBH APIK Jakarta adalah lembaga yang bertujuan mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan demokratis, serta menciptakan kondisi yang setara antara perempuan dan laki-laki dalam segala aspek...

lihat selengkapnya...

Alamat

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum APIK Jakarta 
Jl. Raya Tengah No.31 RT. 01/09, Kec. Kramat Jati,
Jakarta Timur 13540
Telepon: 021-87797289
Fax: 021-87793300 
Hotline : 081285552430
E-mail lbh.apik@gmail.com