Inisiasi Pembentukan Forum Warga Kalibaru

22 Januari 2017

Pembentukan forum warga ini dilatarbelakangi oleh kompleksnya kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang ada pada wilayah sekitar Kalibaru. Sebelumnya sudah ada komunitas Sekolah Pelopor Keadilan (SPK) di wilayah Kalibaru sehingga dengan adanya Forum warga ini dapat mengintegrasikan pengetahuan dari SPK kepada masyarakat sekitar.

 

Pembentukan Forum Warga ini bertujuan sebagai wadah aspirasi  dan solusi dari masalah-masalah sosial, ekonomi, dan budaya yang ada di wilayah sekitar Kalibaru. Forum Warga ini juga bertujuan untuk menjembatani dan sebagai sarana advokasi permasalahan-permasalahan sosial, ekonomi, budaya yang ada di wilayah sekitar Kalibaru ke pihak pemerintah. Forum Warga juga bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat sekitar kalibaru terkait permasalahan-permasalahan yang ada di lingkungan sekitar mereka tinggal.

 

Kegiatan dimulai dengan diskusi yang dihadiri oleh paralegal, anggota komunitas, warga sekitar, serta pimpinan Karang Taruna di wilayah Kalibaru. Diskusi ini membicarakan konsep Forum Warga seperti apa kedepannya serta bagaimana waktu dan tempat pelaksanaannya. Dalam diskusi forum warga ini juga disepakati untuk tidak hanya mengundang tokoh agama dan tokoh masyarakat saja, tapi juga pemuda.

 

Kendala yang dihadapi dalam pembentukan Forum Warga ini adalah tidak hadirnya dari pihak RT, RW, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Banyaknya kegiatan yang terjadi bersamaan juga secara tidak langsung menjadi kendala karena menyebabkan undangan-undangan menghadiri acara lain.

 

Dari hasil diskusi ini disetujui bahwa ketua Forum Warga adalah Bapak Yunus, dan Sekretaris adalah Ibu Satini.



Profil LBH APIK Jakarta

LBH APIK Jakarta adalah lembaga yang bertujuan mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan demokratis, serta menciptakan kondisi yang setara antara perempuan dan laki-laki dalam segala aspek...

lihat selengkapnya...

Alamat

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum APIK Jakarta 
Jl. Raya Tengah No.31 RT. 01/09, Kec. Kramat Jati,
Jakarta Timur 13540
Telepon: 021-87797289
Fax: 021-87793300 
Hotline : 081285552430
E-mail lbh.apik@gmail.com